Selamat datang kembali di blog Kampus Virtual, bagaimana kabar hari ini? Kami doakan semoga sehat selalu. Pada artikel kali ini kita mempunyai pembahasan yang sangat menarik mengenai Word Of Mouth. Pasti Anda sering mendengar istilah dari "mulut ke mulut" kan? Istilah ini sudah sangat populer, sebelum hadirnya istilah "dari matamu matamu kumulai .... " (sudah jangan nyanyi). Dalam ilmu marketing, teknik mulut ke mulut biasa disebut "Word Of Mouth". Word Of Mouth merupakan sebuah metode komunikasi tentang produk dan jasa antara orang-orang yang dianggap independen dari perusahaan yang menyediakan produk atau jasa. Contoh komunikasi Word Of Mouth seperti memberikan testimoni secara langsung, entah ke satu orang atau pada saat berkumpul bersama, atau bisa juga via email, telpon, forum atau media lainnya. Testimoni produk di media sosial atau website juga termasuk salah satu bentuk komunikasi Word Of Mouth. Kalau masih belum jelas, ini ada contoh lagi. Anda membeli suatu produk atau jasa, setelah Anda menggunakan produk atau jasa tersebut, Anda akan bilang ke orang-orang terdekat. Misalnya seperti ini, "Eh sis, produk ini gini gini lho" (tergantung pengalaman Anda menggunakan produk atau jasa tersebut, apakah positif atau negatif). Orang yang sudah mendengar testimoni dari Anda, akan mencoba produk atau jasa yang Anda beli tadi dan akan bercerita tentang pengalaman menggunakan produk atau jasa tersebut kepada orang lain. Terus berjalan seperti itu dan informasi terkait produk atau jasa tadi tersebar dari mulut ke mulut.
Strategi marketing menggunakan metode Word Of Mouth lebih terlihat simpel dan tidak memerlukan biaya yang besar, namun memiliki tingkat kemanjuran yang cukup besar. Strategi ini sangat cocok digunakan di Indonesia, karena kebanyakan orang Indonesia sangat suka nongkrong bersama teman-temannya. Banyak dari mereka memiliki kebiasaan untuk bertanya ke teman-temannya tentang suatu produk sebelum membeli. Kalau temannya bilang produk A lebih baik, mereka akan dengan mudahnya percaya. Inilah yang membuat strategi Word Of Mouth masih manjur sampai sekarang. Apakah Anda ingin produk atau jasa yang Anda jual bisa mendapatkan ulasan yang positif dari banyak orang? Jika ingin, silahkan simak tips dan triknya melalui penjelasan di bawah ini.
1. Berikan pelayanan terbaik
Dengan memberikan pelayanan terbaik, dijamin pelanggan akan nempel terus dengan Anda, karena dengan pelayanan yang baik pelanggan akan lebih merasa nyaman, sehingga membuat mereka lebih loyal. Pelayanan prima berbuah ulasan manis dari para pelanggan, mereka juga akan bersedia merekomendasikan produk atau jasa yang Anda jual ke teman, keluarga, rekan kerja dan lain-lainnya. Cobalah mendengarkan apa yang mereka inginkan dan apa yang tidak diinginkan, kemudian berilah solusi.
2. Pastikan Anda mudah dihubungi
Terkadang ada saja pelanggan yang ingin menanyakan sesuatu tentang produk atau jasa yang Anda jual, atau mungkin mau komplain terhadap produk atau jasa Anda. Maka dari itu, untuk mendapatkan Word Of Mouth, Anda harus siap dari segi komunikasi, entah itu melalui sosial media, messenger, atau lainnya. Semakin mudah Anda dihubungi, maka Anda bisa melakukan pelayanan after sales dengan maksimal kepada pelanggan, yang pada akhirnya akan meningkatkan kesan positif.
3. Dapatkan testimoni pelanggan
Mintalah kepada pelanggan Anda untuk melakukan review dan memberikan testimoni terhadap produk atau jasa yang Anda jual. Anda dapat meminta pelanggan yang puas dengan produk atau jasa yang dibeli, untuk memberikan pernyataan tertulis, atau membuat video singkat mengenai kepuasan mereka terhadap produk atau jasa Anda. Sebagai apresiasi, Anda bisa memberikan diskon di pembelian berikutnya atau memberikan promo menarik lainnya. Setelah mendapatkan testimoni, Anda bisa meng-upload testimoni tersebut di media sosial, website dan media lainnya. Yang paling penting testimoninya harus jujur dan murni dari pelanggan yang membeli produk atau jasa Anda. Tidak masalah jika sekali waktu Anda mendapatkan testimoni negatif. Dari testimoni negatif itu Anda harus melakukan evaluasi agar produk atau jasa yang Anda jual menjadi lebih baik ke depannya.
4. Melibatkan pelanggan dalam promosi
Ketika Anda lagi promo di media sosial. cobalah sebisa mungkin melibatkan pelanggan, misalnya posting foto mereka yang sedang menggunakan produk atau jasa Anda. Jangan lupa untuk mention dan tag pelanggan Anda, jangan lupa ucapkan terimakasih atas kepercayaan mereka yang telah menggunakan produk atau jasa Anda. Dengan begitu, mereka akan merasa senang dan bangga karena telah memakai produk atau jasa yang Anda jual.
Itu tadi penjelasan singkat mengenai tips dan trik mendapatkan Word Of Mouth yang positif dari pelanggan. Jika strategi Word Of Mouth Anda sudah berjalan dengan baik, maka bisnis Anda akan lebih mudah berkembang dan para pelanggan akan menghampiri Anda dengan sendirinya.
Bagaimana menurut Anda, apakah ada tambahan? Silahkan berikan tanggapan dan komentar di kolom komentar. Sebenarnya masih banyak teknik marketing yang belum dan akan kami bahas, tetap nantikan artikel selanjutnya. Jika Anda menyukai artikel seperti ini silahkan like dan share artikel ini, terimakasih sudah membaca sampai akhir artikel ini. Kami doakan semoga sehat selalu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar