Personal Branding


Personal branding merupakan proses memasarkan diri, atau produk, melalui suatu citra yang dibentuk untuk khalayak umum. Citra ini bisa Anda bangun melalui publikasi, baik itu via blog, website, maupun media sosial. Personal branding yang baik dapat memberikan keuntungan secara dua arah. Anda selaku pemilik brand bisa membuat produk atau usaha Anda dikenal lebih luas, sementara calon customer bisa merasa lebih yakin untuk mengandalkan produk yang Anda jual. Kalau bisnis Anda sukses, maka otomatis citra Anda juga ikut meningkat yang berdampak kepada peningkatan kepercayaan.

Berikut ini Kampus Virtual jabarkan beberapa tips yang dapat meningkatkan personal branding.

1. Pastikan kualitas diri dan produk sebelum melakukan branding
Citra diri Anda dapat diasosiasikan dengan citra produk Anda. Contoh: Steve Jobs selalu dikaitkan dengan kejayaan Apple, Jack Ma selalu dikaitkan dengan kesuksesan Alibaba. Maka dari itu, bangunlah citra diri yang positif dan kualitas produk yang baik sebelum Anda melakukan branding.

2. Bangun personal branding yang terpercaya
Tonjolkan ciri khas Anda, tunjukkan bakat Anda! Temukan kelebihan dan skill yang kamu miliki, dan tuangkanlah karakteristik tersebut dalam bentuk konten buatan Anda (bisa berupa artikel, foto, video, dan lain sebagainya). Semakin banyak konten yang Anda buat, kredibilitas Anda dalam bidang yang Anda jalani juga akan meningkat. Perbanyaklah membuat konten yang sifatnya membantu orang lain, agar banyak orang dapat merasakan manfaat langsung ketika terpapar personal branding Anda.

3. Gunakan content outreach
Supaya Anda makin dikenal konten buatan Anda harus bisa menjangkau orang sebanyak-banyaknya. Salah satu cara untuk menjangkau orang sebanyak-banyaknya adalah dengan menggunakan teknik content outreach, yaitu menjalin relasi dengan orang lain yang bisa share dan promote konten yang Anda buat.

Nah, itu tadi merupakan ulasan mengenai tips membangun personal branding. Intinya, bangunlah kepribadian yang positif, buatlah content kreatif yang menonjolkan passion Anda, dan perluaslah relasi Anda baik di dunia maya maupun di dunia nyata.

Selamat membangun personal branding.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar