Engagement


Sosial media telah digunakan oleh banyak kalangan, hampir semua orang di dunia punya akun media sosial. Mulai dari pribadi hingga pebisnis, pejabat, korporat, semua menggunakan sosial media. Salah satu media sosial yang paling populer saat ini adalah Instagram. Fakta ini juga menjadi sangat menarik bagi seorang marketer yang berusaha memiliki good relationship dengan orang banyak.

Anda pasti tahu bahwa mendapatkan engagement dari banyak orang itu tidak didapatkan begitu saja, melainkan harus ada usaha untuk mendapatkan engagement. Ada beberapa cara yang bisa kalian terapkan untuk meningkatkan engagement di sosial media, khususnya instagram. Dalam artikel ini Kampus Virtual akan membahas teknik meningkatkan engagement di Instagram. Enam teknik yang digunakan untuk menaikkan engagement adalah sebagai berikut:

1. Buatlah feeds Anda terlihat berbeda dan full colour.
Jadilah berbeda (be different), buatlah akun Instagram Anda beserta isinya menjadi akun yang memiliki ciri khas keunikan tersendiri dibandingkan dengan akun Instagram yang lain. Hal ini dilakukan agar dapat menarik lebih banyak perhatian. Ciri khas yang yang dimasukan kedalam feeds Instagram dapat berupa hobby, bidang kesukaan, idola dan lain-lain.

2. Call to action
Ajaklah followers Anda untuk berinteraksi, atau melakukan apa yang Anda instruksikan. Dengan begitu, maka engagement di akun Instagram Anda akan meningkat karena terjadinya banyak interaksi atau action. Contoh: "like if you agree", "share jika post ini sangat menggambarkan diri Anda", dan lain sebagainya. Catatan: hindari call to action yang tidak jelas, dan jangan menyodorkan content yang negatif. Masih banyak cara yang positif untuk menggaet audience di Instagram.

3. Gunakan hastag (#) yang tepat
Orang menggunakan hastag untuk menemukan gambar atau foto yang sesuai dengan tema tertentu di Instagram. Jadi gunakan hastag yang tepat agar dapat menaikan peluang postingan Anda tampil di hasil penelusuran hastag. Catatan: jangan menggunakan hastag terlalu banyak, maksimal lima belas hastag. Jangan menggunakan hastag yang out of topic atau tidak sesuai dengan postingan Anda.

4. Gunakan wajah
Wajah adalah tempat pertama yang kita lihat saat bertemu seseorang yang baru, bergaul dengan seseorang atau mencoba mengenali seseorang dari jauh. Wajah memicu emosi yang kuat di dalam diri kita. Termasuk wajah dalam postingan Instagram Anda bisa mendorong lebih banyak koneksi sosial dengan followers Anda. Maka dari itu, feeds Instagram jangan hanya diisi stock gambar produk saja, tapi selingi dengan potret diri / wajah Anda.

5. Buat caption terbaik
Caption atau tulisan juga berpengaruh terhadap postingan Anda, buatlah caption sekreatif mungkin. Bagi Anda yang gemar menulis, diperbolehkan membuat long caption yang menarik untuk dibaca. Perhatikanlah seberapa panjang caption yang Anda buat, pilihan kata dan gaya penulisannya.

6. Carilah waktu terbaik untuk posting
Beberapa survei mengatakan bahwa, waktu terbaik untuk posting konten di Instagram antara jam tujuh pagi sampai jam sepuluh malam (workdays). Ada juga survey yang mengatakan waktu terbaik untuk posting konten di Instagram adalah weekend (hari sabtu dan minggu). Masalah waktu ini merupakan hal yang relatif, Anda ikuti insting Anda untuk menentukan waktu yang tepat untuk posting (waktu dimana banyak orang yang aktif di Instagram). Luangkanlah sedikit waktu Anda untuk mempelajari bagaimana tanggapan audience yang spesifik, sesuaikan dengan strategi pemasaran Anda agar sesuai dengan kebutuhan promosi Anda. Sesekali buatlah kejutan melalui konten yang Anda posting sehingga akun Instagram Anda tidak menjadi terlalu basi dan mudah ditebak.

Enam teknik meningkatkan engagement di Instagram sudah kita ulas, enam teknik ini dapat diterapkan juga untuk media sosial yang lain. Dengan naiknya engagement di akun Instagram Anda, maka Anda bisa memulai bisnis baru, menjadi endoser misalnya. Sekian penjelasan Kampus Virtual mengenai enam teknik meningkatkan egagement di Instagram. Selamat mempraktekan enam teknik ini dan sukses selalu untuk Anda. ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar