Panduan Singkat Untuk Perantau


Selamat datang kembali di blog Kampus Virtual, bagaimana kabar Anda hari ini? Admin doakan semoga sehat selalu. Pada artikel kali ini Kampus Virtual mempunyai pembahasan yang sangat menarik mengenai panduan singkat untuk perantau. Kamu pilih yang mana, suka menjadi anak rantau atau lebih suka tinggal di kotamu? Anak rantau merupakan sebutan bagi orang yang sedang menjalani kehidupan jauh dari tempat asal dan keluarga. Merantau bisa ke kota lain atau bahkan ke negara lain. Pada umumnya, keputusan untuk merantau dimulai sejak lulus sekolah atau kuliah. Mereka yang memilih jalan ini biasanya memiliki alasan yang beraneka ragam, antara lain sebagai berikut:
  1. Ingin melatih kemandirian.
  2. Karena pengaruh teman.
  3. Karena keperluan pekerjaan atau bisnis.
  4. Dan lain sebagainya.


Namun, merantau bukanlah hal yang mudah. Terlebih lagi kalau kamu merantau sendirian, kamu harus bisa berjuang sendirian di kota orang lain. Banyak hal yang harus dipersiapkan dan dipikirkan matang-matang sebelum jadi anak rantau. Banyak tantangan di tempat rantau telah menantimu. Keputusanmulah yang akan mengubah arah hidupmu. Kalau tidak memiliki persiapan yang matang, merantau malah jadi faktor negatif dalam hidupmu. Jika kamu ingin merantau atau saat ini sedang merantau, pahami lah beberapa tips yang diberikan oleh Kampus Virtual di bawah ini agar kamu sukses sebagai anak rantau.

1. Punya alasan yang kuat.
Tentu saja kamu harus punya dasar dan tujuan yang jelas ketika kamu memilih untuk merantau. Merantau adalah keputusan yang tidak mudah, siapa sih yang tidak berpikir panjang terlebih dahulu sebelum pergi jauh meninggalkan tempat yang dihuni semenjak lahir? Maka dari itu kamu harus yakin dengan tujuanmu disana, yang merantau karena pendidikan, apakah tempatnya berkualitas? Atau yang karena bekerja, apakah pekerjaan tersebut bisa menjamin bahwa kamu akan memiliki penghidupan yang lebih baik? Pikirkan matang-matang sebelum memutuskan untuk merantau.

2. Persiapan yang matang.
Merantau tidak seperti liburan, merantau tidak hanya seminggu atau sebulan, namun durasi pada umumnya adalah beberapa tahun. Kamu merantau bukan untuk bersantai-santai, namun untuk meraih prestasi yang lebih baik. Jadi, sebelum kamu merantau, pastikan kamu sudah paham tentang seluk beluk daerah yang menjadi tempat tujuan rantauanmu. Kamu harus tahu tentang nama jalan, rute angkutan umum, tempat untuk memenuhi keperluanmu, nomer telpon penting dan lain sebagainya.

3. Mampu beradaptasi.
Kemampuan beradaptasi cepat dengan lingkungan merupakan kunci sukses tinggal diperantauan. Karena dengan cara ini, kamu bisa bertahan di suatu daerah. Perbedaan antara tempat lama dan tempat baru mungkin bisa membuat kamu kaget. Kamu harus bisa beradaptasi, tahu bagaimana harus bersikap dan menjaga perkataan. Kamu harus menunjukan kesan yang baik terhadap mereka yang baru mengenalmu. Terlebih lagi kamu adalah orang baru di lingkungan tersebut.

4. Memiliki orang yang bisa dimintai bantuan.
Tinggal di tanah perantauan tentu saja tidak lepas dari yang namanya resiko, karena kamu bakal hidup secara mandiri disana, tidak ada keluarga yang bisa langsung kamu panggil kalau mengalami masalah. Kesehatanmu harus dijaga, siapa yang akan merawat kamu ketika kamu sakit? Siapa yang akan menolong kalau kamu ada masalah? Merantau akan menempamu menjadi orang yang lebih berhati-hati dalam segala hal. Maka dari itu, jadilah orang yang cakap bersosialisasi di perantauan.

5. Hidup hemat.
Ini adalah sifat yang wajib kamu miliki sebagai anak rantau. Menyisihkan uang untuk ditabung merupakan suatu hal yang tidak boleh terlewatkan. Dengan menabung berarti kamu telah mempersiapkan materi untuk segala sesuatu yang mungkin terjadi. Karena itu merupakan dana cadangan dimana sewaktu-waktu akan membutuhkan dana untuk hal-hal yang sifatnya mendesak.

6. Jagalah sikap dan tata krama.
Menjaga sikap dan tata krama tidak kalah wajibnya dengan point nomer lima. Kamu hidup  di tempat orang, yang tentunya punya kultur dan kebiasaan yang berbeda dengan tempat asalmu. Dengan sikap yang ramah, sopan, dan baik, kamu akan lebih mudah dekat dengan orang-orang disekitarmu. Dan kamu juga akan disukai oleh orang-orang disekitar perantauanmu.

Buat yang saat ini sedang merantau, semoga kamu sukses dan berhasil di tempat perantauan. Hidup dengan lika-liku dan suka-duka di tempat orang merupakan suatu hal yang biasa. Raihlah kesuksesanmu, tunjukan bahwa kamu bisa sukses dan menjadi pribadi yang mandiri. Silahkan berikan tanggapan dan komentar Anda di kolom komentar. Sebenarnya masih banyak tips dan trik pengembangan diri yang belum dan akan Kampus Virtual bahas, tetap nantikan artikel selanjutnya. Jika kamu menyukai artikel seperti ini silahkan like dan share artikel ini, terimakasih sudah membaca sampai akhir artikel ini. Admin doakan semoga sehat selalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar