Kenali Gaya Belajar Anda


Setiap orang mempunyai cara tersendiri dalam mempelajari dan memahami suatu informasi. Untuk memiliki ilmu pengetahuan yang luas, maka seseorang perlu belajar. Proses belajar ini dilakukan dengan interaksi manusia dan sumber pengetahuan. Mau tahu dan mengenali lebih dalam gimana cara belajar Anda? Atau Anda masih bingung menentukan cara belajar yang pas untuk Anda? Kampus Virtual akan mengulas tentang teknik mengenali dan menentukan cara belajar yang pas untuk Anda.

1. Visual
Kalau Anda suka memahami sesuatu dengan melihat buku, foto, video, diagram, serta berbagai materi visual, maka Anda termasuk ke dalam tipe ini. Tips belajar bagi para pembelajar tipe ini antara lain sebagai berikut:

Perbanyak memperhatikan dan membaca.
Buat catatan / buku pelajaran menjadi menarik untuk dilihat, beri highlight yang full colour dan dinamis.
Cari modul pembelajaran yang menarik dalam bentuk foto / video / grafis.

2. Auditory
Anda termasuk orang yang suka mendengarkan, gampang mengingat ucapan orang lain dan penjelasan verbal? Berarti Anda termasuk tipe ini! Anda bisa menangkap pelajaran dengan menyimak penjelasan guru / mentor / coach Anda. Atau Anda bisa rekam kemudian simpan, jadi Anda bisa dengerin lagi pembahasan mereka kapanpun dan dimanapun.

3. Kinestetik
Anda yang termasuk tipe ini belajar dengan mengandalkan aspek fisik dan gerakan. Anda butuh memegang dan merasakan hal-hal yang Anda pelajari, tidak sekedar melihat atau mendengar materinya. Biasanya sih ya, Anda senang belajar dengan bantuan alat peraga, live demo, atau dengan flash card (kartu yang berisi materi pembelajaran). Setidaknya, flash card membuat suasana belajar lebih menarik, karena Anda bisa menyentuh kartu serta menggerakkan tangan.

4. Menulis
Menulis bisa bikin Anda semakin memahami pelajaran? Anda masuk tipe ini berarti. Tips untuk para pembelajar tipe ini adalah dengan menulis catatan, bikin rangkuman, menjawab latihan pertanyaan dan lain sebagainya.

5. Menyimak orang yang kompeten.
Kalau orang yang menyampaikan materi tampil inspiring, good looking, dan bisa berkomunikasi dengan baik, maka Anda pun akan semakin paham dengan materi yang disampaikannya. Proses belajar Anda akan efektif jika menyimak orang yang kompeten / professional di bidangnya. Jadi, Anda perlu mencari guru / mentor yang benar-benar bagus serta bisa menerangkan dengan baik dan jelas.

6. Mengajar
Terkadang ada orang yang belajar dengan cara mengajar. Lho? Kok bisa? Dengan, mendalami pelajaran kemudian menyampaikan ke orang lain, bikin Anda semakin cepat menguasai materi tersebut. Makanya, banyak yang bilang kalau ngajarin orang lain justru bisa semakin pintar. Berbagi tidak akan mengurangi, justru berbagi akan menambah.

7. Learning by doing the same thing
Mungkin guru / mentor Anda pernah menyampaikan pepatah tersebut. Ya, belajar dengan menirukan apa yang dicontohkan sang guru / mentor. Pepatah itu memang benar adanya. Dengan meniru, Anda bisa menguasai dan memahami suatu materi. Artinya, Anda perlu contoh / role model yang bagus. Untungnya, berkat kecanggihan teknologi, menemukan guru / mentor menjadi mudah!

Itu tadi sudah Kampus Virtual bahas mengenai beragam cara belajar yang bisa Anda ikuti. Kalau Kampus Virtual sendiri, lebih prefer belajar dengan media visual. Karena lebih asik dan lebih mudah dipahami. Apakah Anda juga sama?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar