Materi kali ini Kampus Virtual akan membahas mengenai "the power of content" untuk jualan di INSTAGRAM. Hampir semua orang zaman now jualan di INSTAGRAM, tapi masih banyak yang kontennya asal-asalan. Konten diunggah semaunya sendiri dan tidak ada goalnya. Pasti Anda sudah tahu, konten yang menarik akan mendatangkan customer potensial. Tapi mengapa Anda masih saja mengunggah konten yang asal-asalan? Karena Anda MALAS membuat konten bagus dan MALAS ribet. Saya akan menjelaskan pentingnya konten yang menarik untuk jualan di INSTAGRAM. Tapi janji dulu ya, setelah membaca materi ini kemudian DIPRAKTEKKAN!!!
Anda tahu tidak tujuan mendasar dari senuah konten yang diunggah di INSTAGRAM Anda? Tujuannya adalah untuk meningkatkan interaksi dan mendatangkan calon pembeli potensial yang semakin banyak, sehingga peluang closing juga lebih besar. Berikut ini ada dua tips membuat konten yang menarik untuk Anda:
1. Bikin Konten Anda Sendiri
Memang lebih mudah mengambil konten dari pinterest, tokopedia, bukalapak dan sebagainya. Hal tersebut akan membuat konten Anda tidak eksklusif, karena sudah dipakai oleh banyak orang. Jika Anda mengambil konten dari sosial media atau market place lebih baik dimodifikasi terlebih dahulu sebelum diunggah. Mungkin terlihat ribet, karena membutuhkan skill khusus, seperti kemampuan untuk editing gambar dan mengkombinasikannya dengan kreatifitas Anda. Awalnya sulit, tapi kemampuan itu lama-lama akan bertumbuh dan membuat konten yang berkualitas bukan sebuah problem besar. Untuk yang bisnisnya sudah besar Saya sayankan merekrut seorang SOSMED CONTENT MANAGER. Tugas sosmed content manager adalah membuat konten-konten kreatif, mencari perbandingan konten ke akun-akun sosmed yang memiliki konten berkualitas, menaikan interaksi, dan sebagainya. Catatan: investasi di konten tidak pernah rugi. Bagi Anda yang kesulitan belajar desain grafis, ada aplikasi alternatif yang mempermudah Anda dalam pembuatan konten yang berkualitas. Aplikasi tersebut adalah canva.com, aplikasi ini tersedia untuk komputer baik PC atau laptop, dan Android. Ada dua versi canva.com, yaitu berbayar dan gratis.
2. Variasi Konten
Jangan pernah membuat konten yang itu-itu saja, agar follower Anda tidak bosan! Anda bisa mencoba berbagai format konten, seperti carausel post atau video 60 detik. Untuk variasi konten Anda bisa buat semacam turotial tentang produk yang Anda jual menggunakan fasilitas live video yang sudah tersedia di INSTAGRAM. Cerita basa basi tentang cara penggunaan produk atau hasil penggunaan produk dengan melibatkan banyak orang, misalnya teman kuliah, budhe, ibu, pacar, adek atau mantan Anda! Variasi konten ini juga dapat digunakan untuk membangun interaksi dengan follower Anda dengan cara mengajukan pertanyaan, contoh: Anda lebih suka produk kami yang A atau yang B? Produk ini best seller lho, Anda sudah coba? Ingat ini hanyalah sebuah contoh, Anda bisa membuat variasi konten sesuai kreativitas Anda sendiri yang tentunya lebih bagus dari contoh di atas.
Berdasarkan dua tips di atas silahkan membuat konten yang sesuai dengan tujuan dasar, yaitu membuat followers berhenti beberapa detik lalu klik "like" dan memberikan komentar. Jangan lupa setiap konten harus ada Call To Action (CTA). Jika konten tidak memenuhi tujuan dasar, maka konten Anda tidak berfaedah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar