Jago Jualan di Facebook (Bagian II)


Artikel ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya Jago Jualan di Facebook (Bagian I). Pada Artikel sebelumnya masih menyisakan satu masalah yaitu, langkah apa yang harus ditempuh jika jumlah pertemanan di facebook personal kita sudah mencapai 5000 dan kita masih ingin menambahkan calon pembeli. Beberapa solusi yang bisa dilakukan untuk menyelesaikan permasalah di atas antara lain sebagai berikut:

1. Membuat akun facebook personal baru
Jika jumlah pertemanan di akun facebook personal Anda sudah mencapai 5000 pertemanan dan ingin menambah jumlah pertemanan lagi, maka solusi yang pertama adalah membuat akun personal yang baru. Dengan membuat akun personal yang baru maka Anda bisa menambah 5000 pertemanan lagi di akun yang berbeda. Anda dapat membuat 2 atau 3 akun facebook untuk berjualan, metode seperti ini diasanya disebut ternak akun facebook.

2. Membuat grup facebook
Solusi ke dua untuk memperbanyak calon konsumen Anda dapat membuat grup atau sering disebut kolam uang di facebook. Sebelum Anda melanjutkan membuat grup facebook, yang perlu digaris bawahi adalah jangan pernah menambahkan pengguna facebook ke dalam grup Anda tanpa sepengetahuan orang yang bersangkutan. Hal tersebut hanya akan menimbulkan ketidaknyamanan, pengguna facebook yang Anda tambahkan ke dalam grup akan meninggalkan grup Anda karena merasa terganggu. Jangan pernah memaksa pengguna facebook untuk masuk ke dalam grup Anda, tetapi biarkanlah mereka bergabung dengan sendirinya ke dalam grup Anda. Hal yang membuat pengguna facebook bergabung ke dalam grup adalah adanya manfaat dari grup yang Anda buat. Ada tiga jenis grup yang bisa Anda buat, yaitu:

a. Public Grup
Grup jenis ini sangat cocok untuk menjaring market karena siapa saja boleh bergabung ke dalam grup ini. Tips untuk meningkatkan interaksi di dalam public grup, Anda dapat mengubah status pengguna facebook yang sudah bergabung di grup dari teman menjadi member.
b. Closed Grup
Closed grup merupakan grup khusus, tidak semua orang bisa bergabung ke dalam grup ini. Anda bisa menggunakan grup ini untuk memisahkan pelanggan Anda yang benar-benar loyal dari anggota grup yang tidak termasuk target market Anda. Agar pelanggan Anda ini tetap loyal terhadap Anda, maka Anda perlu membagikan konten-konten yang bermanfaat bagi mereka. 
c. Secret Grup
Secret grup mirip dengan closed grup, perbedaannya secret grub tidak bisa ditemukan menggunakan vitur pencarian grub.





Dari ketiga grup di atas yang paling cocok digunakan untuk memperluas jangkauan market adalah public grub. Public grup memiliki fasilitas "share" di setiap konten yang Anda posting di grup, sehingga member grup Anda dapat membagikan konten yang Anda posting di grup kepada teman-temannya. Semakin sering member grup membagikan konten yang Anda posting dapat memacu konten tersebut menjadi viral, dan dapat menjatangkan jumlah anggota grub yang gbergabung semakin banyak.

3. membuat fanspage
Solusi ke tiga untuk memperbanyak calon konsumen Anda adalah membuat fanspage. Fanspage merupakan salah satu fitur yang disediakan khusus untuk berjualan, pada dasarnya facebook menyarankan untuk membuat fanspage jika ingin berbisnis menggunakan facebook. Perbedaan fanspage dengan akun personal adalah sebagai berikut: facebook personal hanya bisa menampung 5000 pertemanan, sedangkan fanspage menggunakan sistem like dan dislike sebagai indikator besarnya audience yang terhubung dengan bisnis Anda. Calon customer Anda menjadi tidak terbatas dengan menggunakan fanspage, selain itu bisnis Anda terlihat lebih eksklusif. Fanspage diibaratkan sebagai toko online tempat men-display barang jualan di dalam facebook.

Demikianlah teknik memperbanyak jumlah calon pembeli di Facebook, selamat memprktekan ilmu ini dan sukses selalu untuk Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar