Peranan e-Business


Assalamualaikum wr wb

Pada pertemuan ke dua di mata kuliah e-Business, virtual kampus akan menjelaskan peranan e-Business dalam perkembangan bisnis pada saat ini. Materi ini merupakan kelanjutan dari pengertian e-Business, untuk lebih jelasnya silahkan Anda simak materi di bawah ini.


Fungsi dari E-business adalah untuk mendukung bagian dari marketing, produksi, accounting, finance dan human resource management. Proses transaksi online memegang peranan yang sangat penting pada e-business. Perusahaan dapat menjalin komunikasi dengan konsumen secara rutin. Dengan demikian, perusahaan dapat mengetahui keinginan, kebutuhan dan tanggapan dari para konsumennya. Jaringan komunitas konsumen yang terbentuk akan menciptakan kumpulan para konsumen yang loyal serta memudahkan perusahaan dalam mendistribusikan informasi mengenai produk, yang berarti akan menghemat biaya promosi dan berpotensi meningkatkan jumlah konsumen.

Perusahaan dapat menjalin kerja sama yang lebih baik dengan para supplier, yaitu dengan membangun suatu Supply Chain Management. E-business mendukung pelaksanaan transaksi jarak jauh sehingga dapat menambah pendapatan perusahaan karena transaksi tidak lagi terbatas pada tempat tertentu. Perusahaan dapat mengadakan promsi kepada para pengguna Internet secara dua arah. E-business sebernarnya merupakan bentuk bisnis yang berbasis elektronik, seperti radio dan televisi. Namun karena e-business banyak dikenal masyarakat ketika menggunakan media Internet, maka pengertian e-business bergeser menjadi bisnis yang berbasis Internet.

Perkembangan teknologi terus berlanjut hingga muncul teknologi pada ponsel yang memungkinkan para penggunanya untuk mengakses Internet. Dengan demikian, pengguna dapat mengakses sistem e-business dari mana saja meskipun mobilitasnya tinggi, sehingga lahirlah mobile business (m-business). Kemudian para pakar mengembangkan sistem e-business menjadi suatu sistem yang memungkinkan para penggunanya untuk berinteraksi dengan sistem yang disebuti E-business. E-business tidak memerlukan kantor yang formal sebab hanya akan tampil diinternet sebagai sebuah situs web. Para pihak yang terkait hanya membutuhkan web service sebagai perantara dan kesepakatan kerja sama antara pemasok dan pihak pengelola. Begitu pula dengan kesepakatan dengan konsumen dan juga bank. Yang tidak bisa dilakukan secara online hanya proses produksi barang-barang fisik dan teknis pengirimannya.

Komponen-komponen yang harus dipenuhi dalam suatu E-business adalah Kartu kredit sebagai alat pembayaran, virtual shop yang merupakan home page yang menampilkan produk-produk yang ditawarkan dan jalur pembayaran yang jelas, untuk memberi jaminan diterimanya bayaran dari konsumen kepada perusahaan. Sejak Internet digunakan sebagai sarana bisnis pada tahun 1990-an, denyut nadi kehidupan perusahaan seakan tidak pernah terhenti. Toko-toko virtual dibuka selama 24 jam selama 7 hari dalam seminggi untuk melayani transaksi. Fungsi e-bussiness adalah untuk mendukung bagian pemasaran, produksi, accounting, keuangan dan human resource management. Dengan menerapkan e-business, perusahaan seakan membuka toko di berbagai daerah bahkan negara karena konsumen dari berbagai belahan dunia dapat mengakses situs web-nya dan melakukan transaksi kapan saja dan tanpa harus meninggalkan rumahnya yang komputernya terhubung dengan Internet.

Selain itu, perusahaan dapat berkomunikasi secara langsung tanpa harus melalui birokrasi yang rumit. Salah satu nilai implementasi dari e-business adalah tercapainya nilai cyber space yang memungkinkan orang untuk berbelanja beraneka ragam produk ke berbagai lokasi hanya melalui komputer pribadinya. Manajemen rantai suplai atau (SCM) menurut Harland pada tahun 1996 adalah pengelolaan suatu jaringan bisnis yang saling berhubungan yang terlibat dalam penyediaan akhir paket-paket produk dan layanan yang diperlukan oleh konsumen akhir. Supply meliputi manajemen rantai semua gerakan dan penyimpanan bahan baku, bekerja dalam persediaan-proses dan barang jadi dari titik asal ke titik konsumsi (rantai suplai). Definisi lain yang disediakan oleh Kamus APICS ketika mendefinisikan SCM sebagai “perencanaan desain, pengendalian pelaksanaan dan monitoring kegiatan rantai pasokan dengan tujuan untuk menciptakan nilai bersih, membangun infrastruktur yang kompetitif, meningkatkan logistik di seluruh dunia, sinkronisasi pasokan dengan permintaan dan mengukur kinerja secara global”.

Materi praktikum:
  1. Desain gambar produk dan buat sebaik mungkin kemudian upload di media sosial.
  2. Buat logo / baner dari bisnis yang Anda jalankan.
  3. Tentukan distributor atau agen yang membantu proses penjualan di bisnis Anda
  4. Manfaatkan e-mail sebagai sarana marketing
  5. Posting artikel yang menunjang proses penjualan Anda di media sosial.
  6. Gunakan e-marketing sebagai pengganti marketing offline
  7. Tingkatkan interaksi dengan calon konsumen Anda di media sosial.

3 komentar:

  1. nama saya fajar. saya tinggal di bedono di jawa tengah saya berada dalam masalah keuangan yang sangat kronis dan situasi kesehatan terminal beberapa minggu yang lalu. setelah semua pencarian saya untuk bantuan dari teman dan tetangga terbukti gagal, saya merasa tidak ada orang yang benar-benar peduli. saya menjadi sangat lelah karena kurangnya dana untuk mengembangkan bisnis saya dan 2 anak saya yang berusia 5 dan 8 tahun juga tidak tampan karena kurangnya perawatan yang tepat sebagai akibat dari keuangan. suatu pagi yang setia saya melihat seorang teman lama mendiang suami saya dan saya memberi tahu dia semua yang telah saya alami dan dia berkata satu-satunya cara dia bisa membantu adalah mengarahkan saya ke petugas pinjaman yang baik di AS yang juga membantunya, dia menjelaskan kepada saya tentang bagaimana dia secara finansial turun dan bagaimana dia didorong oleh petugas pinjaman ini (mr pedro yang memberinya pinjaman 7.000.000 usd dengan tarif terjangkau 2. dia selanjutnya meyakinkan saya bahwa mereka adalah satu-satunya perusahaan pinjaman sah yang dia temukan secara online. dia memberi saya email mereka & begitulah cara saya melamar dan juga diberikan pinjaman dan hidup saya berubah untuk selamanya hubungi satu-satunya pemberi pinjaman asli mr pedro melalui email / whatsapp +18632310632 pedroloanss@gmail.com untuk menyelesaikan kekacauan keuangan Anda.

    BalasHapus