Facebook merupakan media sosial terbesar yang paling banyak digunakan oleh penduduk negara-negara di dunia, termasuk Indonesia. Popularitas facebook tidak perlu diragukan lagi, saat ini sebanyak 1, 65 milyar orang di seluruh dunia telah menggunakan Facebook. Indonesia menjadi urutan ke 4 sebagai negara pengguna Facebook terbanyak di dunia dengan jumlah user aktif sebanyak 88 juta pengguna. Facebook digunakan untuk berbagai kebutuhan, termasuk meningkatkan pendapatan bisnis. Facebook saat ini memiliki fitur yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan pendapatan bisnis Anda, terutama untuk Anda uang menerapkan strategi digital marketing. Anda dapat memanfaatkan popularitas Facebook untuk menarik konsumen sekaligus meningkatkan popularitas produk atau jasa Anda. Dilihat dari jumlah pengguna Facebook yang mencapai 1,4 milyar dapat disimpulkan bahwa, pasar terbesar di dunia yang dapar digunakan sebagai tempat jualan secara online ada di Facebook.
Berikut ini beberapa alasan mengapa Anda harus beriklan di facebook:
1. Tertarget
Istilah “tertarget” disini maknanya adalah Anda bisa memilih target market berdasarkan lokasi (negara, provinsi, kota, kecamatan). Selain lokasi Anda juga dapat milih target berdasarkan rentang usia, jenis kelamin, minat (interest) dan perilaku (behaviour). Dengan fasilitas tersebut Anda dapat dengan mudah menargetkan pangsa pasar untuk bisnis Anda.
2. Iklan dalam berbagai versi
Ada beberapa macam model iklan di Facebook, antara lain adalah sebagai berikut:
a. Desktop Personal komputer (PC) / laptop
b. Mobile phone / Smartphone
c. News feed (kabar berita di facebook)
d. Right column (kolom bagian kanan facebook)
e. Instagram
Dengan banyaknya variasi model iklan tersebut dapat menjangkau berbagai macam pengguna gadget, serta model iklan tidak monoton.
3. Pilihan Jenis Ikan
Selain memberikan berbagai macam versi ikan, Facebook juga memberikan pilihan untuk jenis iklan yang memiliki fungsi masing-masing. Pilihan jenis iklan yang ditawarkan oleh Facebook antara lain sebagai berikut:
a. Memperbesar interaksi kiriman / postingan / status (PPE)
Iklan ini digunakan untuk mempromosikan salah satu kiriman (update status) yang ada di fanspage Facebook agar bisa dijangkau banyak orang. Iklan jenis ini sangat efektif karena bisa menambah like fanspage facebook dan juga sekaligus mempromosikan status facebook tersebut kepada target konsumen yang sudah Anda bidik terlebih dahulu.
b. Memperbesar like / sukai halaman (PL)
c. Memperbanyak kunjungan ke website (CTW)
Jenis iklan Facebook ini digunakan dengan tujuan utama untuk mengarahkan para pengguna facebook yang sudah ditargetkan ke situs yang Anda miliki. Iklan jenis ini sangat efektif untuk meningkatkan visitor website dan juga membantu menambah like fanspage.
d. Meningkatkan koversi situs website
e. Memperbesar pemasangan aplikasi
f. Memperbanyak interaksi aplikasi
g. Memperluas jangkauan bisnis lokal
h. Memperbanyak jumlah kehadiran acara
i. Mengajak klaim penawaran
j. Memperbesar penonton video
k. Iklan di Instagram
Dari berbagai pilihan jenis iklan di atas, Anda dapat menggunakanya sesuai dengan kebutuhan marketing bisnis Anda.
4. Update Fitur
Salah satu alasan mengapa kampus virtual merekomendasikan Facebook sebagai tempat beriklan adalah adanya fitur-fitur baru yang membuat iklan semakin maksimal. Beberapa fitur baru yang di publish oleh Facebook antara lain sebagai berikut:
a. Create a rule
b. Placement in stream videos
c. Instant article
d. dan lain-lain
5. Strategi
Strategi marketing di Facebook dapat dijalankan menggunakan dua metode, yaitu organik (tidak berbayar) dan fb ads (berbayar).
Itulah beberapa alasan mengapa Anda harus berikan menggunakan Facebook untuk bisnis Anda. Jika Anda masih menggunakan cara beriklan secara konvensional, mulai sekalah coblah untuk beralih menggunakan teknik digital marketing. Facebook merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan sebagai media untuk melakukan marketing secara digital.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar