Tipe Data Terstruktur (Bagian 2)


Pengertian Larik
Larik (arrray) merupakan tipe data terstruktur yang terdiri dari sejumlah komponen-komponen yang mempunyai tipe data yang sama. Komponen-komponen ini disebut dengan tipe komponen (component type) atau tipe basis (base type). Suatu larik mempunyai jumlah komponen yang banyaknya tetap. Banyaknya komponen dalam suatu larik ditunjukan oleh suatu indeks yang disebut dengan tipe indeks (index type). Tiap-tiap komponen di larik dapat diakses dengan menunjukkan nilai indeksnya (index value) atau juga disebut juga dengan istilah subscript.

Sintak tipe larik

Contoh : x array[1 .. 100] of integer;

Deklarasi Larik
Deklarasi larik didahului dengan kata cadangan array diikuti oleh tipe indeks yang diletakan diantara tanda “[]” diikuti lagi oleh kata cadangan of dan tipe lariknya. Larik dapat bertipe data sederhana byte, word, integer, real, boolean, char, string dan tipe data skalar atau subrange.

Deklarasi tipe indeks
Indeks dari larik menunjukan maksimum banyaknya elemen-elemen dari larik. Indeks larik ini dapat berupa tipe subrange atau tipe skalar apapun kecuali real.

Macam-macam dekalarasi tipe indek
Deklarasi tipe indek subrange integer.
Deklarasi tipe indek subrange byte.
Deklarasi tipe indek subrange word.
Deklarasi tipe indek subrange boolean.
Deklarasi tipe indek subrange char
Deklarasi tipe indek skalar

Deklarasi konstanta larik
Suatu larik tidak hanya dapat berupa suatu variabel yang dideklarasikan dibagian deklarasi variabel. Tetapi juga dapat berupa suatu konstanta yang dideklarasikan di bagian deklarasi konstanta.

String sebagai larik tipe char
Suatu string dapat dianggap sebagai suatu larik tipe char dengan indeks dari 0 sampai dengan panjang dari string yang didefinisikan.

Latihan.
Download kemudian kerjakan materi latihan di bawah ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar