Memulai ASP.NET 4.5 Web Forms dan Visual Studio 2013. Langkah Demi Langkah (2)


Konfigurasi Aplikasi Menggunakan Model Data.
Setelah Anda membuat class yang mewakili data pada pertemuan sebelumnya, Anda harus melakukan konfigurasi aplikasi untuk menggunakan class. File Global.asax dapat digunakan untuk menangani peristiwa aplikasi atau metode. Buka file Global.asax dengan cara klik dua kali pada file Global.asax yang terdapat di solution explorer.

Kemudian tambahkan code yang berwarna kuning sesuai gambar di bawah ini.
Code tersebut berfungsi untuk menginisialisasimodel ke dalam file Global.asax. File Web.config berfungsi untuk mengontrol konfigurasi aplikasi web ASP.NET yang berhubungan dengan basis data. Buka file Web.config dengan cara klik dua kali pada file Web.config yang ada di solution explorer.

Kemudian tambahkan code di bawah ini yang berwarna kuning di dalam Web.config

Code tersebut berfungsi untuk menambahkan informasi yang memberitahu aplikasi database yang akan digunakan untuk menyimpan data yang diwakili oleh class data baru. 

Building the Application
Setelah melakukan configurasi pada file Web.config dan Global.asax langkah selanjutnya adalah building the aplication. Klik menu Build kemudian klik menu Build WingtipToys.
Perhatikan informasi yang ada di jendela output, pastikan hasil building berhasil. Apabila ada yang error silahkan cek kembali code yang telah Anda buat pada pertemuan hari ini dan pertemuan sebelumnya.


Modifikasi User Interface
Lanjutan praktek dalam tutorial ini adalah memodifikasi user interface melalui file Default.aspx. Modifikasi yang dilakukan antara lain mengubah judul, mengganti konten dan menghapus konten yang tidak diperlukan. Langkah-langkah untuk melakukan modifikasi file Default.aspx antara lain sebagai berikut:
  1. Buka file Default.aspx yang terdapat pada solution explorer.
  2. Masuk ke mode source view.
  3. Di bagian atas halaman dalam @Page directive, ubah atribut judul menjadi "Welcome", seperti yang ditunjukkan dengan code yang berwarna kuning di bawah ini.
  4. Ganti semua konten yang ada di dalam tag <asp: Content> sesuai gambar di bawah ini.
  5. Simpan file Default.aspx tersebut.
KembaliLanjut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar