Search Engine Optimization (SEO)


Pendahuluan
Search Engine Optimization (SEO) adalah kegiatan mengoptimalkan halaman web atau seluruh situs untuk membuat mereka mesin pencari ramah, sehingga mendapatkan posisi yang lebih tinggi dalam hasil pencarian. Tutorial ini menjelaskan teknik SEO sederhana untuk meningkatkan visibilitas halaman web Anda untuk mesin pencari yang berbeda, terutama untuk Google, Yahoo, dan Bing.
Saya menganggap Anda sudah menguasai teknologi web sederhana seperti HTML, XHTML, Stylesheet, dll. Jika Anda sudah mahir mengembangkan situs web, maka itu adalah keuntungan tambahan dan itu akan membantu Anda memahami konsep SEO yang dijelaskan dalam tutorial ini.

1.1  Ikhtisar
SEO singkatan dari Search Engine Optimization. SEO adalah semua tentang cara mengoptimalkan situs web untuk mesin pencari. SEO adalah teknik untuk:
  • merancang dan mengembangkan sebuah situs web untuk peringkat yang baik dalam hasil mesin pencari.
  • meningkatkan volume dan kualitas lalu lintas ke situs web dari mesin pencari.
  • pemasaran dengan memahami bagaimana algoritma pencarian bekerja, dan apa yang pengunjung manusia mungkin mencari.

SEO adalah bagian dari pemasaran mesin pencari. SEO juga disebut sebagai SEO copywriting, karena sebagian besar teknik yang digunakan untuk mempromosikan situs di mesin pencari, berurusan dengan teks. Jika Anda berencana untuk melakukan beberapa dasar SEO, sangat penting bahwa Anda memahami bagaimana mesin pencari bekerja.

1.2  Bagaimana Sebuah Mesin Pencari Bekerja?
Mesin pencari melakukan beberapa kegiatan dalam rangka untuk memberikan hasil pencarian, yaitu:
  • Crawling - Proses mengambil semua halaman web yang terhubung ke situs web. Tugas ini dilakukan oleh perangkat lunak yang disebut crawler atau spider (atau Googlebot, dalam kasus Google).
  • Indexing - Proses membuat indeks untuk semua halaman web diambil dan disimpan ke dalam database. Pada dasarnya, proses indexing adalah mengidentifikasi kata-kata dan ungkapan yang paling menggambarkan halaman web dan menugaskan mesin pencari untuk mencari kata kunci tertentu.
  • Processing - Ketika datang permintaan pencarian, mesin pencari akan memproses permintaan tersebut, dengan cara membandingkan kata kunci pencarian dalam mesin pencari dengan halaman yang terindeks dalam database.
  • Calculating Relevancy - Sangat mungkin bahwa lebih dari satu halaman berisi kata kunci pencarian, sehingga mesin pencari mulai menghitung relevansi setiap halaman yang terindeks dalam database untuk setiap kata kunci pencarian.
  • Retrieving Results - Langkah terakhir dalam kegiatan mesin pencari adalah mengambil hasil terbaik yang cocok dengan kata kunci pencarian. Pada dasarnya, proses tersebut tidak lebih dari sekadar menampilkan hasil pencarian dalam web browser.

Mesin pencari seperti Google dan Yahoo! sering memperbarui puluhan algoritma relevansi mereka beberapa kali per bulan. Bila Anda melihat perubahan di peringkat web Anda, itu adalah karena pergeseran algoritma pencarian yang tertanam di mesin pencari. Meskipun prinsip dasar operasi dari semua mesin pencari adalah sama, perbedaan kecil antara algoritma relevansi mereka menyebabkan perubahan besar dalam relevansi hasil.

1.3  Apa itu SEO Copywriting?
SEO copywriting adalah teknik menulis teks yang dapat dilihat pada halaman web yang digunakan untuk surfer, dan juga menargetkan istilah pencarian tertentu. Tujuannya adalah untuk mendapatkan peringkat tinggi dalam mesin pencari berdasarkan kata kunci pencarian yang ditargetkan. SEO copywriting biasanya mengoptimalkan elemen pada halaman lain untuk kata kunci pencarian yang ditargetkan. Kata kunci yang ditargetkan terdiri dari judul, deskripsi, tag keywords, dan teks alternatif. Ide di balik SEO copywriting adalah bahwa mesin pencari mencari halaman konten asli dan halaman tambahan sering disebut "pintu halaman" yang diciptakan untuk mencapai peringkat tinggi dalam hasil pencarian.

1.4  Apa itu Search Engine Rank?
Ketika Anda mencari kata kunci apapun menggunakan mesin pencari, hal ini akan menampilkan ribuan hasil yang ditemukan dalam database. Sebuah peringkat halaman web diukur dengan posisi halaman web yang ditampilkan dalam hasil mesin pencari. Jika mesin pencari menempatkan halaman web Anda pada posisi pertama, kemudian peringkat halaman web Anda akan menjadi nomor 1 dan itu akan dianggap sebagai halaman dengan peringkat tertinggi. SEO adalah proses merancang dan mengembangkan sebuah situs web untuk mencapai peringkat tinggi dalam hasil mesin pencari.

1.5 Apa itu On-Page dan Off-Page SEO?
Secara konseptual, ada dua cara optimasi:
  • On-Page SEO - teknik SEO yang dilakukan dengan cara menyediakan konten yang baik, pilihan kata kunci, menempatkan kata kunci di tempat yang benar dan memberikan judul yang sesuai untuk setiap halaman.
  • Off-Page SEO - teknik SEO yang dilakukan dengan cara membangun link, meningkatkan popularitas link dengan mengirimkan direktori terbuka, optimalisasi mesin pencari dan tukar link.


Lanjut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar